• header
  • header

Selamat Datang di Website Resmi SMA NEGERI 6 PANDEGLANG | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 6 PANDEGLANG

NPSN : 20600464

Jl.Pendidikan No.02 Ciekek-Karaton Majasari Pandeglang


sman6pandeglang@gmail.com

TLP : 0253201131


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tentang kebijakan belajar dirumah?
Setuju
Tidak Setuju
Jenuh
  Lihat
Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 291059
Pengunjung : 119759
Hari ini : 123
Hits hari ini : 364
Member Online : 7
IP : 18.204.2.231
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • Dewi Purwantiningsih, S.Psi (Guru)
    2020-11-29 22:28:41

    Tim Adiwiyata SMAN 6 Pandeglang sll menjaga lingkungannya biar tetap nyaman dan sejuk dengan pohon2nya.
  • Dewi Purwantiningsih, S.Psi (Guru)
    2020-11-29 22:25:38

    4|5
  • Dewi Purwantiningsih, S.Psi (Guru)
    2020-11-29 22:24:48

    4|4
  • Dewi Purwantiningsih, S.Psi (Guru)
    2020-11-29 22:24:01

    4|2
  • Dewi Purwantiningsih, S.Psi (Guru)
    2020-07-09 16:32:10

    Selamat datang di sekolah Adiwiyata, sekolah yang berwawasan lingkungan.
  • Dewi Purwantiningsih, S.Psi (Guru)
    2020-05-23 04:28:52

    Semoga dimudahkan dalam menjalani aktivitas. Aamiin
  • Nur Fitriyah, S.S (Guru)
    2020-05-22 20:59:27

    Ya Allah, aku memohon keridhoan hati setelah ketetapanMu, kesejukan kehidupan setelah kematian, kelezatan pandangan dalam melihat wajahMU, kerinduan...
  • Dani Aguslaela, S.Pd (Admin)
    2020-05-22 20:39:36

    Berusaha menjadi lebih baik..

Yang wajib diketahui tentang vaksin




Yang wajib diketahui tentang vaksin,check it out...

                Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Vaksin terdiri dari banyak jenis dan kandungan, masing-masing vaksin tersebut dapat memberikan Anda perlindungan terhadap berbagai penyakit yang berbahaya, sedangkan manfaat vaksinasi bagi kita adalah :

Vaksin mengandung bakteri, racun, atau virus penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau sudah dimatikan. Saat dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, vaksin akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi. Proses pembentukan antibodi inilah yang disebut imunisasi.

Vaksinasi & Vaksin COVID-19


- Apakah vaksin COVID-19 adalah obat?
Vaksin bukanlah obat. Vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit COVID-19 agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat.

- Bagaimana skema penahapan pemberian vaksin COVID-19 di Indonesia?
Di tahapan awal, vaksinasi COVID-19 akan diperuntukkan bagi garda terdepan dengan risiko tinggi, yaitu tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Lalu secara bertahap akan diperluas seiring dengan ketersediaan vaksin dan izinnya, yaitu penerima bantuan iuran BPJS, dan kelompok masyarakat lainnya.

Terkait perencanaan vaksinasi bertahap hal yang lebih detail, saat ini pemerintah sedang menyusun peta jalan atau roadmap yang akan menjelaskan mekanisme pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara menyeluruh.

- Apakah vaksin COVID-19 nanti juga tersedia untuk anak-anak?
Saat ini, uji klinis vaksin COVID-19 dibatasi pada umur 18-59 tahun yang merupakan kelompok usia terbanyak terpapar COVID-19. Pengembangan vaksin untuk anak-anak masih direncanakan pada beberapa kandidat vaksin.

- Apakah vaksin COVID-19 juga akan diberikan pada masyarakat yang berusia lebih dari 60 tahun?
Terdapat kandidat vaksin yang dapat diberikan untuk mereka yang berusia 60 hingga 89 tahun. Namun, tahap awal vaksinasi diberikan pada orang dewasa sehat usia 18-59 tahun yang merupakan kelompok usia terbanyak terpapar COVID-19.

Selain itu, dikarenakan mayoritas kandidat vaksin di dunia saat ini baru diuji cobakan pada orang dewasa usia 18-59 tahun yang sehat, dan akan membutuhkan waktu uji klinis tambahan untuk bisa mengidentifikasi kesesuaian vaksin COVID-19 untuk mereka yang berusia di atas 60 tahun dan dengan penyakit penyerta.

- Apakah vaksin COVID-19 melindungi secara jangka panjang?
Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui rentang periode jangka panjang dari perlindungan vaksin COVID-19.

- Bagaimana vaksin COVID-19 dikembangkan
Meski pada saat darurat dan dibutuhkan dengan cepat, keamanan dan efektivitas vaksin adalah prioritas utama. Pengembangan vaksin tetap harus melalui tahapan pengembangan yang berlaku internasional yang secara umum terdiri dari:

  • Tahap praklinik
  • Tahap klinis (fase 1-3)



- Seberapa ampuh vaksin COVID-19 melindungi kita dari penularan?
Dampak vaksin COVID-19 terhadap pandemi akan bergantung pada beberapa faktor. Ini termasuk faktor-faktor seperti efektivitas vaksin; seberapa cepat mereka disetujui, diproduksi, dan dikirim; dan berapa banyak target jumlah orang yang akan divaksinasi. Pemerintah menargetkan setidaknya 60% penduduk Indonesia secara bertahap akan mendapatkan vaksin COVID-19 agar mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

- Bagaimana cara vaksin bekerja?
Secara umum, vaksin bekerja dengan merangsang pembentukan kekebalan tubuh secara spesifik terhadap bakteri/virus penyebab penyakit tertentu. Sehingga apabila terpapar, seseorang akan bisa terhindar dari penularan ataupun sakit berat akibat penyakit tersebut.

- Apakah terdapat efek samping dari pemberian vaksin?
Secara umum, efek samping yang timbul dapat beragam, pada umumnya ringan dan bersifat sementara, dan tidak selalu ada, serta bergantung pada kondisi tubuh. Efek simpang ringan seperti demam dan nyeri otot atau ruam-ruam pada bekas suntikan adalah hal yang wajar namun tetap perlu dimonitor. Melalui tahapan pengembangan dan pengujian vaksin yang lengkap, efek samping yang berat dapat terlebih dahulu terdeteksi sehingga dapat dievaluasi lebih lanjut. Manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan risiko sakit karena terinfeksi bila tidak divaksin.

- Perlindungan yang akan diberikan vaksin
COVID-19 nantinya, perlu tetap diikuti dengan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan 3M: memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun.

- Apakah ada vaksin lain yang direkomendasikan untuk tenaga kesehatan dalam masa pandemi COVID-19?
Ya, ada. Karena ada penyakit yang kemungkinan dapat dicegah dengan imunisasi lainnya, seperti influenza dan campak. Semua tenaga kerja kesehatan harus menerima vaksin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan secara nasional.

(ref : Buku Saku #infovaksin, Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Satgas Penanganan COVID-19 Indonesia

 

 

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas